Belanja Bijak. Powered by Blogger.

Cara Belanja Online di Tokopedia

Saat ini semakin banyak orang yang berbelanja via online. Di samping iklan ecommerce yang semakin jor-joran di televisi, juga orang sekarang makin merasakan manfaat dari berbelanja langsung di toko online. Salah satu dari ecommerce tersebut adalah Tokopedia.

Toko besar tokopedia ini, sesuai dengan tag-nya, yang jual banyak-Banyak! - maka, kita akan menjumpai banyak pedagang yang membuka lapak di Tokopedia. Anda pun berminat ingin belanja di toko ini? Berikut cara berbelanja online di Tokopedia.

1. Kunjungi alamatnya langsung di https://tokopedia.com 
Pastikan bahwa alamat yang diketik sudah benar dan pastikan pula ada ptotokol https di awal URL yang kita ketik. Itu semacam sertifikat protokol pengaman, bahwa kita memang menuju alamat yang benar.

Perhatikan logo gembok dan protokol https nya
2. Di halaman muka Tokopedia, anda dapat langsung mengetikkan barang yang dicari di kolom pencarian yang ada di bagian atas. Atau bisa juga dengan memanfaatkan kolom Kategori yang ada di sebelahnya.

Belanja Online di Tokopedia

Sebagai contoh, dalam kasus ini kita ingin membeli mesin penghampa udara atau vacuum sealer. Maka kita cukup mengetikkan kata "Vacuum Sealer" di bagian pencarian. Karena jika ingin masuk per kategori, maka kita akan kesulitan untuk menentukan barang ini yang dicari masuk dalam kategori apa.


3. Bijak Memilih Produk di Tokopedia
Maka setelah ditekan enter, hasilnya akan tampak banyak pilihan  seperti di bawah ini :

Belanja Online di Tokopedia
Banyak pilihan barang yang dijual dari penjual yang banyak

Akan banyak sekali produk yang ditampilkan sesuai dengan kata pencarian yang kita gunakan. Pilihlah dengan bijak. Sesuaikan dengan budget anda dan bonus yang didapat dari penjual. Apakah potongan harga, bonus barang pelengkap (Dalam kasus ini, penjual memberikan bonus plastik vakumnya), potongan ongkos kirim dan sebagainya.

Kadangkala, barang yang dijual sama oleh antar pedagang, namun harganya berbeda. Beberapa produk yang dijual memiliki selisih harga yang sedikit. Tapi dalam beberapa kasus, selisihnya bahkan mencapai 200 ribuan!

4. Lihat Reputasi Pedagang dan Lihat Lapak Mana yang Ramai
Kita harus cermat dan teliti. Perbedaan harga bisa jadi salah satu strategi pedagang untuk menarik minat pembeli. Namun, kita juga musti mawas diri. Apakah dengan pengurangan harga tersebut benar-benar strategi atau akal-akalan dengan mengurangi kualitas pelayanan yang lain.

Info produk dan penjual 

Beberapa hal yang perlu kita perhatikan ketika berbelanja di Tokopedia, di antaranya :

Penjual yang baik, cepat merespon setiap pertanyaan yang masuk
  1. Keaktifan penjual dalam merespon pembeli. Terlihat dari bagian Diskusi
  2. Jumlah barang yang terjual, berapa banyak yang melihat-lihat barang tersebut
  3. Reputasi yang diberikan oleh Tokopedia

5. Lanjutkan Transaksi
Setelah memastikan barang mana yang akan dibeli, lanjutkan dengan menekan tombol Beli. Maka anda akan dibawa ke halaman login. Silakan masukkan email dan password akun Tokopedia Anda.

Masukkan data akun anda jika belum silakan mendaftar

6. Lakukan Verifikasi
Anda kemudian akan diminta untuk mengisi keterangan pengiriman barang, kemudian biaya pengiriman, metode pembayaran dan finishing. Selengkapnya bisa dilihat dalam gambar-gambar di bawah ini :

Isi alamat pengiriman dengan jelas dan nomor telpon yang dapat dihubungi. Di bagian ini pula Anda bisa melihat berapa ongkos kirim yang dikenakan penjualnya.

Lalu, pilih metode pembayaran.

Lihat kembali detail barang yang dipesan.
Jika bermasalah silahkan kembali ke halaman berikutnya dengan menekan tombol Sebelumnya.


Checkout

Ringkasan transaksi lalu klik Bayar

Selesai, silahkan anda lakukan pembayaran dengan metode yang dipilih sebelumnya, Jika sudah, lakukan  Konfirmasi Pembayaran di Tokopedia dengan mengklik Konfirmasi Pembayaran.

Demikian, cara berbelanja online di Tokopedia dan sedikit tips untuk bertransaksi bijak. Tokopedia menerapkan sistem pembayaran satu pintu. Sehingga konsumen terlindungi dalam melakukan transaksi. Selamat berbelanja dan tetap bijak menggunakan uang anda. (*)

-- Update --

Setelah melakukan pembayaran, terus? Simpan struk ATM (Jika Anda menggunakan metode pembayaran menggunakan ATM). Trus, buka email atau aplikasi Tokopedia dan lakukan konfirmasi Pembayaran.

7. Lakukan Konfirmasi

Setelah selesai melakukan pembayaran lakukan konfirmasi


Jangan lupa dicentang bagian yang akan dilakukan pembayaran. Jika terdapat lebih dari satu pesanan.
Isi setiap kolom dengan benar. Asal rekening, nama pemilik rekening, tujuan rekening dan nominal transfer.
Selanjutnya, Anda akan diminta untuk melakukan memasukkan nomor telpon yang digunakan saat pendaftaran
Menunggu proses verifikasi pembayaran dari Tokopedia


Verifikasi Berhasil
Belanja Online di Tokopedia
Voila! Pesanan sedang diproses
Notifikasi kemudian yang masuk ke email adalah tentang status pemesanan tengah diproses. Selanjutnya, adalah Anda tinggal menunggu kapan barang pesanan tiba di rumah. Semua proses transaksi bisa dipantau melalui akun Tokopedia, baik melalui website maupun aplikasi yang sesuai dengan handphone Anda.

Semoga membantu. 

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
Jadilah Konsumen yang Cerdas
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top