Belanja Bijak. Powered by Blogger.

Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan Iphone SE

Apple baru saja meluncurkan Apple Iphone SE berbarengan dengan Apple Ipad Pro beberapa waktu yang lalu. Banyak yang menduga, nama Iphone terbaru tersebut adalah Iphone 5SE. Nyatanya Apple hanya menggunakan namanya menjadi IPhone SE saja. Secara global produk anyar Apple tersebut baru bisa dipesan (pre-order) mulai tanggal 24 Maret. Dengan segala rasa penasaran, para gadget enthusiast mulai mencari spesifikasi Iphone SE.


Apalagi digadang-gadang, ponsel tersebut mempunyai jeroan yang sama dengan Iphone 6 dan 6S, hanya berbeda dari segi ukuran saja. Spesifikasi lain dikabarkan juga tak jauh beda. Apakah benar seperti itu?


Di bawah ini beberapa hal penting terkait Iphone SE. Mulai dari spesifikasi, keunggulan, kekurangan dan perbandingan Iphone SE dengan kedua kakaknya, Iphone 5S dan 6S.

Spesifikasi Iphone SE


Jika Iphone 6 dan 6S mengusung layar 4,7 inchi maka Iphone SE hanya dijejali layar 4 inchi. Namun di sisi sektor dapur pacu. Iphone SE telah diberi otak Apple A9, dual-core 64-bit CPU 1,84 GHz "Twister", GPU PowerVR GT7600, co-processor M9 sama persis dengan Iphone 6S.

Lalu,  untuk kamera utama pun sudah disematkan kamera 12 MP. Yang dijamin bisa memuaskan para penggila fotografi dan orang biasa yang tak ingin melewatkan momen-momen istimewa mereka.

Di bawah ini bisa dilihat spesifikasi resmi Iphone SE :


Iphone Se
Spesifikasi Iphone SE
Seperti biasa, Apple tak terlalu mengumbar spesifikasi hardwarenya. Mereka lebih percaya diri mencatatkan peningkatan kemampuan software mereka. Karena memang selama ini Apple, dipercaya mampu mengoptimalkan keberadaan hardware mereka dibanding kompetitornya yang secara teori lebih unggul namun ketika diuji kinerja, produk Apple senantiasa unggul.

Namun, berdasarkan penelisikan dari berbagai sumber, inilah spesifikasi Iphone SE:

Nama ResmiiPhone SE
Faktor BentukFull-touchscreen
Bentang dan Jenis Layar4 inci, 1136 x 640 (326 PPI), LED back-lit display
Dimensi Fisik123.8 x 58.6 x 7.6 mm
Berat113 gram
ProsesorApple A9, dual-core 64-bit CPU 1,84 GHz "Twister", GPU PowerVR GT7600, co-processor M9
RAMBelum diketahui
Media Penyimpanan Internal16/ 64 GB
Kamera Utama12 Megapiksel dengan True Tone dual-LED flash
Kamera Depan1,2 Megapiksel
Kapasitas Baterai1.642 mAh
Jaringan SelulerGSM/ 3G HSPA/ 4G LTE
KonektorLightning
GPSYa, dengan dukungan A-GPS dan GLONASS
KonektivitasWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 4.2, NFC (hanya untuk Apple Pay)
Fitur lainPemindai sidik jari, accelerometer, gyroscope, proximity sensor, kompas
Sistem OperasiiOS 9.3

Update: bocoran data benchmark AnTuTu yang beredar pada Selasa (22/3/2016) menyebutkan bahwa iPhone SE memiliki RAM sebesar 2 GB.

Perbandingan Spesifikasi Antara Iphone 5S, Iphone SE dan Iphone 6S

 
Publik masih seakan tidak percaya dengan langkah unik yang dilakukan oleh Apple ini. Memasukkan spesifikasi teknologi mobile terkini yang dimiliki oleh Iphone 6S ke dalam bodi mini Iphone SE. Ibarat kata, bodi mini tenaga masa kini.

Perbandingan Spesifikasi Iphone 5S, Iphone SE dan Iphone 6S
Iphone 5S (kiri), Iphone SE (tengah) dan Iphone 6S (kanan).
Gambar tidak skala.
Tapi kenyataannya memang demikian. Ketika ditanya tentang keputusan untuk memunculkan kembali smartphone berukuran 4 inchi - di saat para kompetitor lebih pede dengan layar 5 inchi, Vice President  Product Marketing Apple Greg Joswiak memberikan jawaban bahwa ternyata sebagian konsumen Apple masih meminati perangkat dengan layar lebih kecil dibandingkan umumnya smartphone yang beredar sekarang. Faktanya adalah, “Kami menjual 30 juta iPhone (dengan layar) 4 inci pada 2015,” kata Joswiak saat peluncuran produk tersebut.

Nah, untuk lebih memuaskan rasa penasaran tersebut, berikut tabel perbandingan spesifikasi antara tiga Iphone seri terakhir Apple, sebagaimana dikutip dari Kompas :

 iPhone 5SiPhone SEiPhone 6S
Faktor BentukFull-touchscreenFull-touchscreenFull-touchscreen
Ukuran Layar4 inci, 1136 x 640 (326 PPI)4 inci, 1136 x 640 (326 PPI)4,7 inci, 1334x750 (326 PPI)
Dimensi Fisik123.8 x 58.6 x 7.6 mm123.8 x 58.6 x 7.6 mm138.3 x 67,1 x 7,1mm
Berat112 gram113 gram143 gram
ProsesorApple A7, dual-core 64-bit CPU 1,3 GHz "Cyclone", GPU PowerVR G6430Apple A9, dual-core 64-bit CPU 1,84 GHz "Twister", GPU PowerVR GT7600, co-processor M9Apple A9, dual-core 64-bit CPU 1,84 GHz "Twister", GPU PowerVR GT7600, co-processor M9
RAM1 GB2 GB *2 GB
Media Penyimpanan16/ 32/ 64 GB16/ 64 GB16/ 64/ 128 GB
Kamera Utama8 Megapiksel dengan dual-LED flash12 Megapiksel dengan True Tone dual-LED flash12 Megapiksel dengan True Tone dual-LED flash
Kamera Depan1,2 Megapiksel1,2 Megapiksel5 Megapiksel
Kapasitas Baterai1.560 mAh1.642 mAh1.715 mAh
Jaringan SelulerGSM/ 3G HSPA/ 4G LTEGSM/ 3G HSPA/ 4G LTEGSM/ 3G HSPA/ 4G LTE
KonektorLightningLightningLightning
GPSYa, dengan dukungan A-GPS dan GLONASSYa, dengan dukungan A-GPS dan GLONASSYa, dengan dukungan A-GPS dan GLONASS
KonektivitasWi-Fi 802.11 a/b/g/n, Bluetooth 4.0Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 4.2, NFC (hanya untuk Apple Pay)Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 4.2, NFC (hanya untuk Apple Pay)
Fitur lainPemindai sidik jari, accelerometer, gyroscope, proximity sensor, kompasPemindai sidik jari, accelerometer, gyroscope, proximity sensor, kompasPemindai sidik jari, accelerometer, gyroscope, proximity sensor, kompas, barometer
Sistem OperasiiOS 7 (upgradeable)iOS 9.3iOS 9 (upgradeable)

* Menurut bocoran benchmark AnTuTu yang beredar di internet.

Harga Iphone SE

 
Spesifikasi lengkap Iphone SE
Seperti yang terlihat dalam gambar di atas, harga Iphone SE dilepas pada angka $399 (setara Rp.5,2 juta) untuk kapasitas 16GB dan $499 (setara Rp.6,5 juta). Harga ini merupakan harga paling rendah yang pernah ditawarkan oleh Apple untuk produk Iphone mereka.
 
Simak saja Iphone 5C yang dibanderol pada harga $550 tanpa kontrak saat pertama kali diluncurkan. Entah alasan apa yang mendorong Apple untuk memberikan harga yang sedemikian. Namun demikian, Apple seperti hendak merasionalisasi harga produk mereka untuk lebih dapat bersaing dengan produk-produk kompetitor.
 

Kekurangan Iphone SE

 


Lantas apa saja kekurangan Iphone SE? Dilansir dari situs Rappler ada beberapa minus dari Iphone SE. Namun nilai minus tersebut bukanlah dikarenakan cacat produksi, melainkan peringatan strategi marketing Apple yang ingin mengesankan bahwa seakan-akan seluruh teknologi yang ada pada Iphone 6S dicopas bulat-bulat ke dalam Iphone SE dengan ukuran saja yang menyesuaikan.
 
Padahal kenyataanya tidak. Dan inilah 5 kekurangan Iphone SE jika dibandingkan dengan Iphone 6S :
 
Iphone SE

1. Tidak dilengkapi dengan teknologi 3D Touch  

 
Anda tidak akan menemukan teknologi 3D Touch ini pada Iphone SE. Karena memang Apple tidak menyertakannya. Padahal, teknologi ini termasuk teknologi kekinian yang dapat memberikan nilai lebih pada perangkat Apple terkini.
 
Karena teknologi ini sendiri, pertama kali ada di Iphone 6s dan 6s Plus. Teknologi ini memungkinkan smartphone Apple dapat mendeteksi seberapa dalam intensitas tekanan jari pengguna saat menyentuh layarnya. Tingkat tekanan ini akan menentukan aksi apa yang akan dilakukan oleh smartphone. 
 
Jadi Anda yang akan membeli Iphone SE jangan berharap lebih. Ini mungkin bagian dari strategi Apple dalam menekan harga penjualan dan kemungkinan kedua, karena memang sudah tidak ada lagi ruang untuk memasukkan teknologi 3D Touch di iPhone SE.   



2. Resolusi layar sama dengan 5s


Kekurangan kedua adalah, Apple tidak menyertakan resolusi lebih tinggi untuk layarnya. Iphone SE hanya menggunakan layar 4 inchi dengan resolusi 1136 x 640 piksel. Sama dengan yang digunakan oleh Iphone 5s. Ini tentu tidak menyenangkan, mengingat IPhone 5s diproduksi tiga tahun lalu.
 
Artinya Iphone SE menggunakan teknologi jadul bahkan lebih rendah dari standar HD yang 1280 x 729 piksel. Untuk pemakaian sehari-hari tidak akan bermasalah. Namum, keterbatasan layar ini baru akan terasa jika digunakan untuk menonton video berformat HD atau preview gambar beresolusi tinggi.  


3. Tidak menggunakan bahan metal terbaru


Material yang digunakan oleh Iphone SE sama dengan yang digunakan pada Iphone 6. Ini tentu mengingatkan kita pada kasus “bend-gate” yang menimpa iPhone 6. Di mana saking tipisnya material logam yang digunakan, smartphone Iphone 6 mudah sekali dibengkokkan. Hal ini dikarenakan bahan metal yang digunakan terlalu tipis.  


4. Masih menggunakan Touch ID versi pertama

 
 
Teknologi lain yang tidak diperbarui oleh Apple adalah Touch ID, sebuah sistem keamanan dengan pemindai sidik jari, dan bertransaksi menggunakan Apple Pay. iPhone SE menggunakan versi pertama dari Touch ID. Kelemahan dari versi pertama adalah proses identifikasi yang lebih lambat dibandingkan pembaruannya.


5. Kamera depan yang buruk


Iphone SE memang menggunakan kamera utama beresolusi 12 MP dengan kemampuan merekam video kualitas 4K, sama dengan yang digunakan oleh Iphone 6s. Akan tetapi sangat disayangkan, kamera depan Iphone SE hanya dibekali kamera dengan sensor 1,2 MP saja. Tentu, hasil jepretan tidak akan maksimal apalagi untuk kebutuhan selfie.

Nah, demikian Spesifikasi Iphone SE lengkap dengan harga, kelebihan dan kekurangannya. Semoga membantu anda untuk mendapatkan informasi yang lengkap tentang Iphone SE.

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
Jadilah Konsumen yang Cerdas
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top