Belanja Bijak. Powered by Blogger.

Waspada! Botol Galon Ternyata Berkode PET


Galon Kode Plastik PET/PETE
Credit Foto : Kompasiana/Agus Samsudrajat S

Dalam tulisan sebelumnya mengenai plastik #01 dengan kode PET/PETE (Polyethylene terephthalate), disebutkan bahwa plastik dengan kode tersebut, tidak dianjurkan untuk digunakan berulang kali. Karena, penggunaan yang berkali-kali dan dalam lingkungan air galon yang dipanaskan, maka akan mempermudah proses pelepasan senyawa polimernya ke dalam air dan kemudian larut.
Beberapa kode plastik
Zat yang lepas ini bersifat karsinogen atau berpotensi memicu pertumbuhan sel kanker dalam jangka waktu yang lama.

Namun, sadarkah kita jika ternyata gallon yang kita gunakan sehari-hari ternyata berkode PET/PETE? Hal ini tentu saja mengejutkan. Bagaimana mungkin kita kecolongan? Plastik yang seharusnya sekali pakai tersebut, ternyata telah digunakan berulang-ulang.
Lantas apa tindakan bijak yang dapat kita lakukan? Solusinya, pilihlah botol gallon berbahan PC/ Poly Carbonate. Galon ini ditengarai lebih ramah dan mempunyai komposisi bahan kimiawi yang lebih baik dibanding gallon PET/PETE.

Mungkin kita tidak akan menemui kode PC di bawah kemasan galon tersebut. Karena, PC masuk dalam kode Other. Yakni gambar segitiga dengan angka 7 di tengahnya dan di bawah segitiga tersebut ada kode O (Other).

Arti Kode Plastik
Kode Plastik#07 Other, ditujukan untuk jenis-jenis barang yang dibuat dari resin plastik yang tidak tercantumkan dalam 6 kode lainnya. Jadi, Plastik#07 Other tidak eksklusif untuk menyebut resin plastik polycarbonate saja, melainkan jenis-jenis plastik lainnya. Seperti polylactide yang digunakan untuk membuat keping CD/ DVD dan sukar untuk didaur ulang.

Sifat plastik ini yang keras, menyebabkan plastik polycarbonate/ PC banyak digunakan untuk pembuatan botol bayi, botol gallon, tempat penyimpanan alat medis dan sebagainya. Walaupun sukar didaur ulang, namun beberapa produk dapat dihasilkan dari proses daur ulangnya menjadi plastic lumber, dan produk-produk turunan plastik lainnya.

Berikut beberapa jenis plastik yang menggunakan kode Plastik#07 Other :

1. SAN – styrene acrylonitrile
2. ABS – acrylonitrile butadiene styrene

Baik SAN maupun  ABS memiliki resistensi yang tinggi terhadap reaksi kimia dan suhu, kekuatan, kekakuan, dan tingkat kekerasan yang telah ditingkatkan. Sehingga, cukup aman untuk digunakan untuk lingkungan yang terpapar bahan kimia resistif maupun suhu ekstrem-normal.

3. PC - polycarbonate

Jenis ini telah kita bicarakan di bagian atas. Sifatnya, Keras, kaku jernih dan lebih tahan panas dibandingkan dengan jenis plastik PET/PETE.

4. Melamin-formaldehid (MF)

Jenis plastik ini sering digunakan untuk bahan makanan. Sifatnya keras, kuat, mudah diwarnai, bebas rasa dan bau, tahan terhadap pelarut dan noda, namun snsitif terhadap asam dan alkali. Seringkali melamin ini menjadi persoalan bagi kesehatan. Karena sifatnya yang reaktan terhadap asam, menjadikan ia mudah terabrasi. Contoh penggunaannya adalah pada peralatan makanan seperti gelas, mangkok, sendok, dan piring.

Kelebihan dan kekurangan galon PET dan PC pada umumnya
Dengan adanya alternatif botol gallon dari bahan PC, maka konsumen bisa menjadi lebih bijak dalam memilih jenis botol galon yang akan digunakan. Lantas, adakah perbedaan di antara kedunya?

  1. Galon berjenis PET lebih memiliki daya tahan yang lebih baik (alot) dibanding dengan galon yang berjenis PC (garing-mudah pecah), untuk jangka pendek maupun jangka panjang. 
  2. Galon berjenis PET yang banyak beredar di pasaran dengan bentuk dan warna yang tidak begitu menarik dibandingkan dengan galon berjenis PC. 
  3. Galon berjenis PET tidak mempunyai nilai jual kembali (apabila galon rusak) dan galon berjenis PC lebih memiliki nilai jual kembali (apabila galon rusak).
  4. Galon berjenis PET tidak bisa menimbulkan bentuk tulisan yang siku (embos) dan kebalikan dari galon PET, galon berjenis PC menimbulkan tulisan yang siku dan gambar yang lebih jelas apabila di embos. 
  5. Galon berjenis PET lebih sensitif terhadap hawa panas (api) dibandingkan dengan galon berjenis PC.
  6. Galon berjenis PET lebih cepat kusam dibandingkan dengan galon berjenis PC.  
Demikian sedikit pembahasan mengenai kode plastik PET dan PC, semoga bermanfaat.

.................................................................................................
Baca Juga :

Mengenal Kode Plastik #01 PETE (Polietilen tereftalat)
Arti Simbol Segitiga pada Kemasan Plastik
 

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
Jadilah Konsumen yang Cerdas
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top