Belanja Bijak. Powered by Blogger.

Mengenal Apa Itu Kangen Water

Banyak sekali pertanyaan yang terlontar tentang apa itu kangen water. Air ajaib yang katanya mempunyai banyak efek bagi kesehatan tubuh dan sebagian digunakan untuk kecantikan.  Lalu seperti apa kangen water itu? Adakah kaitan dengan perasaan kangen seseorang terhadap yang dirindukannya?

Uraian tentang apa yang dimaksud kangen water, akan kita buka dengan mengenal sejarahnya terlebih dahulu.

Kangen water bukanlah berarti air rindu. Istilah Kangen (baca : Kang Geng), berasal dari bahasa Jepang yang mempunyai makna Era Baru. Merunut sejarahnya, di tahun 1965, saat euphoria Jepang membuncah dengan pertumbuhan pesat ekonominya, masyarakat Jepang lagi kesengsem dengan ilmu teknologi kesehatan.

Saat itu, pemerintah memberikan perhatian serius dalam penelitian untuk mencari air berkhasiat. Boleh jadi, mereka saat itu termasuk yang telah mendengar dan mengagumi keberadaan dan khasiat air zam-zam.

Selang dua dekade, tepatnya di tahun 1980-an, Departemen Kesehatan Jepang melansir hasil penelitian penting bahwa air dengan ion atau air alkali memberikan manfaat begitu besar pada kesehatan.

Dalam laporan resmi pemerintah itu, disebutkan bahwa dengan sifatnya yang sudah menjadi basa, kangen water mampu secara perlahan menggantikan cairan tubuh yang terlalu asam. Karena menurut hasil penelitian tersebut, cairan tubuh berubah menjadi bersifat asam karena pola makan dan gaya hidup.

Kangen Water Terinspirasi Air Zam-zam

Adalah perusahaan Enagic dari Jepang yang memulai penelitian mengapa air zam-zam bisa menyembuhkan orang yang sakit. Tak hanya itu, keajaiban air zam-zam yang turut diteliti mereka adalah keajaiban air zam-zam  yang dapat melancarkan proses kehamilan dari yang awalnya susah hamil jadi segera positif.

Dan yang mencengangkan, setelah berpuluh-puluh tahun diteliti ternyata ada tiga karakter khusus yang dimiliki oleh air zam-zam tersebut :

Pertama, Anti Oksidan tinggi.

Sering kita mendengar tentang apa itu anti oksidan. Terutama seringkali kita temukan pada iklan di televisi baik iklan suplemen multivatim maupun komestik. Muaranya sama, mencegah penuaan alias anti aging. Tapi, anti oksidan bukan semata soal penuaan semata.

Dikutip dari Wikipedia, Anti Oksidan adalah zat yang mampu memperlambat atau mencegah proses oksidasi. Zat ini secara nyata mampu memperlambat atau menghambat oksidasi zat yang mudah teroksidasi meskipun dalam konsentrasi rendah.

Antioksidan juga sesuai didefinisikan sebagai senyawa-senyawa yang melindungi sel dari efek berbahaya radikal bebas oksigen reaktif jika berkaitan dengan penyakit, radikal bebas ini dapat berasal dari metabolisme tubuh maupun faktor eksternal lainnya. Sedangkan radikal bebas adalah senyawa yang tidak stabil karena memiliki elektron yang tidak berpasangan dan aktif mencari pasangan elektron dalam makromolekul biologi.

Penjelasan bisa kita lihat pada buah apel. Apel yang telah dikupas dan dibiarkan begitu saja di ruang terbuka akan berubah menjadi kecoklatan. Perubahan daging buah dari berwarna putih menjadi coklat gelap itulah yang disebut oksidasi. Ia bereaksi dengan udara (oksigen) dan 'terbakar'.

Apa itu Kangen Water

Gambar di atas menunjukkan bacaan ORP meter (Oksidasi Reduksi Potential/ Oxidation Potencial Reduction). Di mana, Kangen Water berada pada angka -400. Hal ini menunjukkan kemampuan Kangen Water sebagai anti okdsidan. Semakin tinggi minus nilai ORP, berarti semakin bagus kemampuan anti oksidannya. Sementara di lajur kanan, air soda menempati angka di kisaran +400 yang artinya berbahaya, dapat memicu pertumbuhan sel radikal bebas.

Kedua, Micro Cluster

Sifat kedua, menyangkut permeabilitas. Air zam-zam diketahui memiliki ukuran molekul 3-4. Mengacu kepada ukuran molekul air yang berada pada angka 15-20. Sedangkan, menurut klaim dari sumber-sumber Kangen Water ini, molekul Kangen Water berada pada ukuran 5-6 mikro.

Kangen Water Micro Cluster
 
Ukuran molekul air yang cukup besar, diyakini kurang mampu menembus permeabilitas dinding sel. Inilah mengapa, kita seringkali merasa kembung jika terlalu banyak minum air. Karena, air tidak bisa masuk begitu saja ke dalam sel. Berbeda dengan air zam-zam yang berada di angka 3-4 mikro di atas. Walaupun ukuran Kangen Water tidaklah sekecil Aier zam-zam, namun masih lebih kecil dibanding air biasa.

Mengapa perlu masuk ke dalam sel? Tujuannya adalah untuk menghidrasi sel yang rusak.

Ketiga, bersifat Basa

Inilah alasan mengapa Kangen Water disebut pula sebagai air alkali (Alkalized Water). Sebagian orang lantas menghubungkan keberadaan Kangen Water ini dengan promosi kesehatan melalui Food Combining. Disebutkan, bahwa kesehatan itu berada pada titik yang cenderung basa.

Di sekitar kita, banyak ditermukan jenis makanan dan minuman yang bersifat asam (acid) dan menjadi konsumsi kita sehari-hari. Contohnya, daging-dagingan. Pun juga, sistem metabolisme tubuh secara alami menghasilkan produksi asam. Ditilik dari kesetimbangan proses, tubuh manusia telah memiliki mekanisme penyeimbang asam-basa (alkaline buffer). Namun, seperti yang begitu pula terjadi pada sistem kekebalan tubuh, perubahan gaya hidup dan pola makan telah memepengaruhi alkaline buffer tadi.

Itulah mengapa, kini orang menjadi mudah rentan terkena penyakit. Mulai dari flu karena kecapekan hingga penyakit mengerikan seperti kanker dan kolesterol. Seperti mereka yang daya tahan tubuhnya sering menurun dan memerlukan multivitamin. Begitu juga dengan mereka yang sistem alkaline buffer telah terganggu membutuhkan banyak asupan yang bersifat basa. Terutama yang datangnya dari buah dan sayur-sayuran. Termasuk pula, (mungkin) dari air alkali seperti kangen water ini.

Bagaimana Proses Pembuatan Kangen Water Itu

Kangen Water

Air yang masuk dielektrolisi oleh dua plat katoda dan anoda. Air yang awalnya H2O dipecah jadi OH- dan H+. Ion positif dan negatifnya dipisahkan. Air yang bersifat hidrogen dan ion bermuatan positif keluar dari selang Kangen, ion yang bersifat hidroksida dan bermuatan negatif keluar dari selang yang sifatnya asam.

(Bersambung)

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
Jadilah Konsumen yang Cerdas
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top