Belanja Bijak. Powered by Blogger.

Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Bijak Menggunakan Kartu Kredit -- Jika mendengar Kartu Kredit, biasanya yang terbayang adalah kemudahan untuk mencicil pembelian barang yang kita inginkan. Walau itu merupakan salah satu kemudahannya, namun telah terjadi salah kaprah di tengah masyarakat kita.

Tujuan dari diterbitkannya Kartu Kredit bukanlah untuk membayar barang dengan cara mencicil atau mengkredit barang. Melainkan untuk memberikan fleksibilitas pembayaran dan mengurangi penggunaan uang tunai. Penggunaan kartu kredit lebih ringkas daripada harus membawa sejumlah uang tunai di dalam dompet. Ia menjadi alat transaksi sementara saat tidak membawa uang banyak dan tetaplah harus dibayar sebelum jatuh tempo.

Semakin bijak menggunakan Kartu Kredit, maka ia akan dapat menjadi penolong dalam urusan keuangan kita. Tetapi jika tidak, dan ini sering terjadi, kartu kredit justru bisa berubah menjadi bencana dan menyebabkan kita terlilit hutang tiada henti akibat bunga yang berbunga.

Berikut beberapa tips bijak dalam menggunakan kartu kredit :

1. Jangan memiliki terlalu banyak kartu kredit
Bijak Gunakan Kartu Kredit
Sudah tentu, dengan memiliki banyak kartu kredit, justru akan membebani keuangan Anda. Mengapa? Karena setiap kartu tersebut mempunyai kewajiban berupa iuran tahunan dan sudah pasti pula akan menggoda Anda untuk membelanjakannya lebih banyak lagi.

Jumlah maksimal yang disarankan adalah cukup dua kartu kredit saja. Jika saat ini sudah memiliki lebih dari dua kartu, maka cobalah untuk memulai menutup kartu yang satunya. Pertimbangan memilih mana yang menjadi kartu utama dan mana yang akan ditutup, bisa dilihat dari faktor suku bunga kartu kredit, limit kartu kredit dan benefit yang ditawarkan kartu kredit yang tentunya haruslah benar-benar bermanfaat untuk Anda.

2. Anggarkan dana untuk kartu kredit
Plafon yang bisa dibelanjakan melalui Kartu Kredit, tetap menjadi acuan dalam menyusun anggaran belanja bulanan. Pertimbangkan besaran maksimal yang dibolehkan oleh kartu kredit tersebut.

3. Mencatat pembelian yang menggunakan kartu kredit
Ini tips klasik, namun sering diabaikan. Padahal sangat bermanfaat sekali jika Anda rutin mencatat secara rapi dan detail, untuk mengurangi hasrat belanja Anda. Dengan mencatat, kita akan ingat jumlah tagihan yang akan terus membengkak. Catatan ini pun, dapat menjadi referensi untuk dibandingkan dengan tagihan yang dikirimkan oleh pihak Bank.

Bijak gunakan Kartu Kredit
4. Usahakan untuk selalu membayar penuh tagihan
Kebiasaan menunda itu tidak baik. Ini juga berlaku dalam hal pelunasan tagihan. Penting diingat, jika dana ada bayarlah lunas pembelian yang Anda lakukan pada bulan itu, sebelum jatuh tempo. Sifat suka menunda apalagi dalam urusan pembayaran tagihan kartu kredit akan membebani keuangan anda, di waktu-waktu ke depan. Jangan tergoda dengan membayar tagihan minimum. Ingat beban bunganya yang akan bertumpuk.

5. Prioritaskan Membayar Tagihan
Prioritaskan membayar tagihan (yang sebagian besar membengkak oleh nafsu belanja yang tak tertahankan), walaupun untuk itu Anda dituntut untuk hidup hemat. Kurangi pos belanja yang tidak perlu.

6. Hindari menggunakan kartu kredit untuk menarik tunai
Salah satu kelebihan Kartu Kredit, ia bisa dipakai untuk mengambil uang tunai di ATM selayaknya kartu Debit. Namun camkan, bahwa hal itu tidaklah gratis. Anda akan kena charge berupa bunga penarikan tunai yang nilainya lebih tinggi dibandingkan bunga untuk pembelanjaan biasa.
Bijak Gunakan Kartu Kredit

7. Waspadai penipuan kartu kredit
Apa jadinya, jika kita sudah berperilaku hidup hemat demi mengurangi penggunaan kartu kredit dan menutupi tagihan beserta bunganya, namun Kartu Kredit kita malah dibajak oleh orang yang tidak bertanggungjawab. (Baca juga : Waspadai 34 Toko Online Palsu ini!)

Banyak modus penipuan terhadap para pengguna kartu kredit. Bisa melalui telpon maupun internet (carding). Berhati-hatilah terhadap data sensitif seperti nomor kartu kredit, tanggal jatuh tempo, atau informasi lainnya kepada orang asing. Jangan mudah percaya, apalagi sampai meminjamlan kartu kredit kepada orang lain.

Demikian beberapa tips bijak dalam menggunakan Kartu Kredit. Jangan sampai, kartu kredit akan melilit hidup kita dengan hutang ditambah bunga yang terus membengkak. Gunakan kartu kredit secara bijaksana agar keuangan Anda tetap baik. Semoga bermanfaat. (min)


Bagikan :
+
Previous
Next Post »
Jadilah Konsumen yang Cerdas
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top