Belanja Bijak. Powered by Blogger.

Solusi Transaksi Online yang Aman dari Paybill, Mudah dan Menyenangkan


Gaya hidup modern nan dinamis saat ini ditandai dengan penguasaan penuh kebutuhan pribadi di tangan sendiri. Hal tersebut dicirikan dengan keberadaan gadget canggih - yang telah melampaui jauh fungsi tradisionalnya sebatas SMS dan telpon, menjadi gadget pintar multi fungsi - ditambah pula dengan ketersediaan jaringan komunikasi internet yang semakin trengginas dan terjangkau.

Salah satu gaya hidup tersebut adalah dengan memanfaatkan gadget untuk melakukan transaksi online. Kini, orang bisa dengan mudah mencari barang yang akan dibeli, memilih dan membandingkan harganya, memutuskan akan membeli hingga proses pembayaran. Semuanya sudah bisa dilakukan secara daring.

Tak hanya soal melakukan pembelian, para pengguna bisa melakukan banyak hal dengan adanya internet ini. Membayar tagihan, memesan tiket pesawat, booking kamar hotel di tempat yang jauh sampai dengan memeriksa tekanan darah dan mengukur denyut jantung pun bisa dilakukan secara online. Bahasanya itu, Internet of Thing. Keren sekali kan?

Namun, di balik gegap gempita semuanya itu, pertanyaannya adalah, sudah amankah transaksi online anda selama ini? Isu keamanan menjadi titik kritis dari setiap penyedia jasa pembayaran. Para cracker dan carder senantiasa mengincar identitas transaksi online melalui berbagai cara.

Sepatutnya anda mulai menyadari beberapa celah keamanan dalam bertransaksi online itu, seperti yang dituliskan di bawah ini:

Waspadai 4 Celah Keamanan Transaksi Online


Perlu edukasi yang matang, agar kemudahan dalam melakukan transaksi online tidak terganggu dengan isu keamanan.

1. Celah (bug) pada aplikasi


Salah satu ciri layanan internet yang modern adalah adanya integrasi multi-platform. Bisa diakses dari gadget jenis apa saja. Termasuk pula dalam hal kemudahan registrasi di web utama, adanya aplikasi mobile untuk perangkat ponsel dan tablet - yang tidak mengharuskan login setiap saat ke laman webnya serta didukung pula dengan keamanan tradisional via SMS dan/atau Voice Call.

Update selalu aplikasi mobile anda dengan versi terbaru. Karena biasanya, bug-bug yang ditemukan dalam versi lawas akan segera diperbaiki.

2. Kelalaian pengguna dalam mengamankan PIN / password

Mengamankan PIN/Password bukan sekedar merahasiakannya dari orang lain semata. Itu sudah menjadi kewajiban para pengguna. Kelalaian pengguna untuk melakukan sign-out / log out dari komputer yang dipakai bersama, sangat rentan terpaparnya email pribadi atau informasi sensitif lainnya di dalam akun Anda.


3. Phising menggunakan URL palsu atau email jebakan

Sering menerima email spam yang seolah-olah kita memenangkan lotre dalam jumlah puluhan juta atau tawaran istimewa kredit tanpa anggunan misalnya, namun terasa sangat bombastis?

Saran kami: Abaikan! Karena biasanya di dalamnya banyak jebakan betmen yang akan menggiring anda ke alamat URL palsu dan meminta anda untuk memasukkan akun pengguna dan kata sandi anda yang seharusnya anda rahasiakan.

Untunglah, email-email modern saat ini telah mempunyai filter canggih untuk menyaring email-email spam tadi.

4. Aksi sniffing 

Dari bahasa inggris, artinya mengendus. Ini adalah cara cracker dan carder masuk ke dalam jaringan komputer korban, saat melakukan tansaksi online menggunakan jaringan hotspot Wifi di tempat terbuka. Ini sangat rentan sekali.

Dengan program kecil sederhana, mereka bisa masuk ke komputer anda dan mengambil chace atau history transaksi anda. Bagaimana jika ada informasi kartu kredit anda yang berhasil mereka dapatkan? Ingatlah, untuk tidak melakukan transaksi online menggunakan jaringan terbuka, free hotspot. Tunggulah anda sampai di rumah.

Masih banyak yang lain, namun minimal empat celah inilah yang menjadi momok bagi sebagian orang, sehingga menahan sebagian pengguna lainnya untuk memanfaatkan gadgetnya melakukan transaksi online.
 

Benarkah kita harus sekhawatir itu?

 
Tidak juga. Kita tidak perlu takut berlebihan dengan isu keamanan. Selain teknologi enkripsi yang semakin baik, pemerintah dalam hal ini Bank Indonesia, juga  telah memberikan perhatian lebih terhadap transaksi online serta mendukung penuh transaksi yang bersifat non-tunai (non-fisik).

Hal ini juga didukung dengan pengawasan dan jaminan dari badan pemerintah lainnya seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terhadap orang per orang atau lembaga yang berkecimpung dalam industri keuangan.

Selain itu, dengan menerapkan perilaku berinternet yang benar dan sehat, sesungguhnya kita sendiri telah menjaga untuk terhindar dari empat peluang ancaman keamanan di atas.

Itu artinya, kita tetap dapat memanfaatkan keberadaan teknologi canggih ini, sebesar-besarnya untuk kemaslahatan kita. Semakin terjangkaunya harga gadget plus semakin melimpahnya kuota internet yang ditawarkan oleh operator, seharusnya dapat kita manfaatkan untuk mempermudah hidup kita.

 
Salah satunya dengan memanfaatkan gadget untuk membayar aneka tagihan. Tidak perlu mengantri di loket, tidak berbatas waktu, mudah, praktis dan tentunya, waktu yang ada bisa anda manfaatkan untuk melakukan kegiatan produktif lainnya.

Terkait dengan hal itu, ada satu jasa layanan pembayaran online yang telah direkomendasikan oleh banyak pihak. Namanya Paybill.
Yuk kita bahas!

 

Apa itu PayBill?

 
Dikutip dari situs resminya, Paybill merupakan layanan bidang keuangan dari Paybill Indonesia. Paybill menawarkan sebuah konsep one stop payment solution sehingga Anda dapat melakukan pembayaran elektronis secara realtime dengan berbagai metode pembayaran yang ada. 

Dengan memanfaatkan Paybill ini, Anda pun dapat menghemat biaya dan waktu meskipun harus membayar banyak tagihan, karena dengan Paybill Anda cukup melakukan satu transaksi pembayaran saja.

Berbeda dengan layanan penagihan lainnya, selain menyasar konsumen pribadi, Paybill juga menawarkan solusi untuk anda yang mempunyai usaha. Paybill melayani konsumen tingkat Usaha UMKM (Mikro, Kecil dan Menengah, ed) yang menginginkan solusi penagihan kepada klien, dilengkapi pula dengan fitur rekap laporan setiap akhir bulan. 

Sehingga, klien Paybill dari kalangan UMKM akan sangat dimudahkan dalam mengurusi tagihan dan pelaporan, yang biasanya menjadi momok bagi para pelaku UMKM menjelang akhir bulan. Sehingga, mereka bisa fokus pada bisnis mereka tanpa harus dibuat ribet dengan urusan teknis.

Untuk itulah, Paybill membagi kliennya menjadi dua, yakni Smart Payer dan Smart Biller.

Dua jenis klien Paybill.id
Dalam pembahasan kali ini, kita akan fokus pada klien jenis Smart Payer saja, yakni klien tingkat konsumen.


Mengapa harus Paybill?




Tentu anda akan bertanya, mengapa harus memilih layanan Paybill? Tentu harus ada alasan yang mendorong konsumen untuk beralih ke Paybill dan menjadikannya sebagai pilihan utama.

1. Produk Tagihan Lengkap 


Paybill menawarkan kelengkapan dalam hal membayar tagihan apapun yang menjadi kewajiban anda setiap bulannya. Mulai dari tagihan asuransi, listrik, cicilan motor dan mobil, PDAM, hingga TV berbayar. Dan dapat dipastikan, dengan semakin banyak jumlah merchant yang bergabung akan memberikan banyak pilihan bagi konsumennya.    

Saat ini tercatat ada 73 Biller yang telah bergabung bersama Paybill ini, dengan 92 jenis tagihan, dan 154 voucher.



2. Berbagai Metode Pembayaran

Paybill memang istimewa. Secara nasional, ia sudah terhubung dengan 100 bank di Indonesia. Selain itu, anda pun leluasa memilih metode pembayaran online. Seperti transer via jaringan ATM Bersama, kartu kredit, e-Commerce payment (Mandiri Clickpay dan BCA KlikPay) dan lainnya.



Berbagai metode pembayaran dapat anda pilih untuk mempermudah transaksi anda
 
3. Hemat Biaya Transaksi

Paybill sangat bijak dalam hal tarif transaksi pembayaran. Sesuai dengan slogan mereka, Multi Bills in Single Payment  Paybill menerapkan satu tarif untuk semua transaksi anda. Pembayaran beberapa pun tagihan dapat dilakukan hanya dengan satu transaksi pembayaran. Itu artinya, semakin banyak tagihan yang Anda bayar bersamaan, semakin kecil biaya yang timbul, bahkan nyaris nol rupiah jika dibagi rata.


4. Fitur Reminder dan History Pembayaran


Paybill
juga memberikan fitur yang sangat membantu bagi para penggunanya yang memanfaatkan aplikasi mobile-nya. Fitur itu adalah fitur reminder dan history pembayaran. Reminder adalah fitur untuk mengingatkan anda tentang kewajiban tagihan bulanan yang harus dilunasi.



Selain itu, ada pula fitur history yang membantu anda merekam semua transaksi pembayaran pada periode sebelumnya. Sehingga, anda mempunyai data yang lengkap. 

5. Beli Voucher atau Pulsa


Kelengkapan lain yang bisa Anda temukan dari Paybill adalah dapat melakukan pembelian pulsa atau voucher prabayar, mulai untuk seluler, listrik, TV berbayar dan game online. Anda pehobi game online tentu sangat terbantu dengan adanya pilihan ini. 

Bagaimana cara mendaftar Paybill?

 
Nah, bagi anda yang segera ingin merasakan manfaat dari Paybill ini anda dapat langsung mendaftar ke websitenya : 

Silahkan diisi form yang ada sesuai dengan data yang anda miliki. Dengan mendaftar langsung ke websitenya, selanjutnya anda dapat menggunakan aplikasi Paybill di smartphone anda. Caranya dowload di App Store dan Play Store dan ikuti instruksinya.

Cara registrasi di Paybill.id
Selamat!
Anda sekarang mempunyai kuasa penuh untuk menjadi bagian dari gaya hidup yang modern dan dinamis.    
 

Bagaimana cara menggunakan Paybill?

 
Setelah mendaftar anda dapat segera menggunakan Paybill ini, baik melalui websitenya maupun melalui aplikasi yang telah anda instal di smartphone anda. UI/UX nya cukup mudah digunakan.
Yuk kita mulai

1. Cari Tagihan
 

Anda ingin membayar tagihan apa? Carilah kategori dan produk yang anda cari di bagian search bar  yang sudah dilengkapi dengan menu drop-down dan masukan ID pelanggan. Lalu tekan tombol cek tagihan. Walaupun anda belum login menggunakan akun yang telah didaftarkan sebelumnya, anda masih tetap dapat menggunakan fitur yang ada.

2. Daftarkan Email
 
Saat anda mengklik tombol cek tagihan, maka anda akan diminta untuk memasukan alamat email anda.  Apa gunanya? Gunanya, email tersebut untuk mengirimkan daftar tagihan yang anda cari pada langkah 1 di atas.

Selain itu, anda juga akan mendapatkan informasi penting dari Paybill seperti pembaruan aplikasi, jumlah penambahan biller yang bergabung dengan Paybill atau informasi lain serta promo terbaru dari Paybill.
 

3. Daftarkan Tagihan
Karena dalam contoh ini, anda belum melakukan login atau registrasi, maka pada informasi mengenai data tagihan dari biller yang anda anda cari sebelumnya akan tertera tombol Registrasi. Selain itu, Anda pun bisa memilih tambah tagihan pada menu ini.
 

4. Login / SignUp
 
Karena, data yang ingin anda simpan cukup pribadi, maka anda akan diminta untuk login. Bagi anda yang sudah mendaftarkan sebelumnya, anda dapat memilih "Login". memasukan nama email serta kata kunci yang benar.
Bagi anda yang belum mendaftarkan, anda dapat memilih "Daftar". Memasukan nama email. nama lengkap, password dan pilihan usia anda dan kota. Lihat lagi pada bagian Bagaimana Cara Mendaftar Paybill di atas. 

5. Tambah ke Cart
 
 

Selanjutnya anda akan dibawa Tagihanku. Pada menu tersebut, anda dapat mendaftarkan data-data pelanggan (ID) bagi setiap tagihan yang ingin anda masukan. Setelahnya, untuk menyelesaikan pembayaran penagihan, Anda bisa memilih satu / lebih tagihan untuk dibayarkan.
 

6. Proses Pembayaran
 
 

Selanjutnya, sesudah memastikan jenis transaksi penagihan apa yang ingin anda bayar, maka daftar tagihan yang sudah Anda tambahkan ke dalam Cart, Anda dapat melakukan proses checkout untuk menyelesaikan pembayaran.

7. Metode Pembayaran

 
Pada pilihan pembayaran, anda bisa memilih penggunaan payment processor yang Anda punyai. Paybill menyediakan banyak alternatif pembayaran. Di antaranya kartu kredit, ATM Bersama, BCA KlikPay, Mandiri KlikPay dan Mandiri e-Cash.

8. Rekap Pembayaran  
 

Setelah transaksi berhasil, maka Paybill kemudian akan menginformasikan kembali data mengenai tagihan-tagihan yang sudah anda bayarkan. Selesai.  

Nah, ternyata mudah sekali bukan? Yuk, bareng-bareng kita mendaftar Paybill dan manfaatkan benefit melimpah yang ada di dalamnya. Hitung-hitung kita bantu pemerintah pula untuk menyukseskan Gerakan Transkasi Non-Tunai Nasional.

 

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
Jadilah Konsumen yang Cerdas
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top