Belanja Bijak. Powered by Blogger.

Tips Belanja di Facebook

Tips Belanja di Faceook -- Situs jejaring populer Facebook telah menjadi tempat berkumpul banyak orang dari berbagai penjuru dunia. Situs yang mulanya adalah situs untuk menjalin pertemanan tersebut, saat ini telah berubah menjadi pasar. Ini tentu saja tidak sepenuhnya dapat disalahkan. Asalkan cara berjualannya elegan dan tidak mengganggu provasi orang lain.

Dan juga, sebagian pengguna Facebook malah mendapat keuntungan dari informasi produk yang ditampilkan. Sehingga wajar saja jika kemudian semakin banyak yang berjualan dan semakin banyak pula nilai transaksi yang terjadi dari hari ke hari di ranah Facebook.

Walau demikian, bagi anda yang ingin berbelanja di Facebook tetaplah harus hati-hati. Mengingat, banyak pula terjadi kejadian tidak mengenakkan yang menimpa calon pembeli. Tertipu, barang tidak sesuai dengan pesanan, cacat, pemerasan dan sebagainya. Tips cara berbelanja di Facebook di bawah ini mungkin dapat menjadi acuan sebelum Anda memutuskan untuk melakukan transaksi : (Baca juga : Modus Penipuan Belanja di Facebook)
Cara Berbelanja di Facebook
1. Manfaatkan kolom pencarian untuk mencari jenis barang yang anda cari. Setelah ketemu, simak baik-baik penawaran harganya. Lalu uji dengan pertanyaan sederhana di wall-nya di halaman Facebook-nya.
 
2.Tunggu sesaat dan lihat reaksi penjual. Apakah serius atau tidak, bisa dilihat dari bentuk kepeduliannya (care). Jika ia peduli, maka sang penjual akan menjawabnya dengan bahasa familiar dan senang hati. Kita tentu bisa mengamati bahasa yang digunakan oleh sang penjual. Ini sangat bermanfaat, jika anda baru pertama kali belanja di toko online tersebut.

3.Periksa nomor telepon si penjual dan coba dihubungi. Jika telpon tak diangkat lalu pertanyaan di Facebook tidak pula dijawab serta aksen jawaban penjual terbaca tidak care dengan kita selaku calon pembeli, lebih baik abaikan saja. Cari penjual yang lebih peduli dan mau melayani pembeli dengan lebih baik lagi.

4.Langkah selanjutnya, baca kebijakan pengembalian barang. Ini termasuk langkah penting namun paling sering terlewati. Berbeda dengan transaksi di toko fisik secara langsung, yang jika ingin mengembalikan barang cukup datang kembali ke toko tersebut sambil membawa nota pembelian, maka urusan pengembalian di dunia maya sedikit lebih ribet dan tentu saja akan memakan waktu dan biaya.
Cara Berbelanja di Facebook

5.Sebagai pembeli kita berhak untuk mengembalikan barang jika cacat saat kita terima. Yang perlu diperhatikan adalah apakah akan diganti dengan barang yang sama, atau diganti dengan uang tunai. Dan jika dikirim balik, ongkos pengiriman siapa yang akan menanggungnya.

6.Periksa secara detil barang yang dijual itu. Kita patut waspada (namun seringnya malah kegirangan) saat melihat ada barang bermerek namun harganya sangat murah.

7.Lihat cara pembayaran. Apakah via transfer bank ataukah dengan kartu kredit. Mana yang lebih mudah bagi anda, dan mana yang lebih mudah dijadikan bukti transaksi jika kemudian ada klaim.

8.Cermati, harga yang tertera itu apakah sudah termasuk biaya pengiriman atau belum.

9.Pilih jasa kurir, jika memungkinkan. Pilihlah jasa kurir yang hemat dan tidak terlalu mahal, bisa dipercaya, karena belanja online harus pula memperhitungkan ongkos kirimnya.

10.Setelah melakukan transaksi, simpan bukti-buktinya. Mulai dari slip transfer, invoice pembelian yang biasanya dikirim lewat email hingga notifikasi SMS sekalipun.

 
Caar Berbelanja di Facebook

Nah, demikian tips belanja di Facebook. Semoga bisa membantu Anda. Yang pasti, jangan takut berbelanja online. Syaratnya, kita tetap waspada dan teliti serta mengerti dengan prosedur yang ada. (min)

 



Bagikan :
+
Previous
Next Post »
Jadilah Konsumen yang Cerdas
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top