Belanja Bijak. Powered by Blogger.

Mewaspadai Belanja di Situs Jual Beli Tanpa Perantara

Kehadiran situs jual beli seperti TokoBagus (sekarang berganti nama menjadi OLX) dan Berniaga, tentu sangat membantu bagi banyak orang yang hendak mencari barang yang dibutuhkan dengan harga lebih murah.
Memang, kebanyakan barang yang dijual adalah barang second alias bekas pakai. Namun, dengan adanya kesepakatan antara penjual dan pembeli, potensi tertipu saat melakukan transaksi menjadi semakin kecil.

Walau demikian, sekali lagi kita sebagai pengguna, baik pemasang iklan maupun calon pembeli di situs jual-beli seperti OLX dan Berniaga tersebut tetaplah harus mewaspadai kemungkinan buruknya.
penipuan olx berniaga
Lantas, bagaimana caranya agar tidak tertipu? 

Berikut ciri-ciri umum penipu yang berkeliaran di situs jual beli tanpa perantara semacam OLX dan Berniaga tersebut : 

1. Harga
Ini krusial. Selain menjadi pemancing orang untuk datang melihat iklannya, harga juga seharusnya menjadi pertimbangan kita untuk berpikir rasional. Apakah mungkin? Apakah masuk akal, kamera DSLR yang harga pasarannya 8 jutaan tetapi di situs jual beli tersebut malah hanya 3-4 juta saja. 

2. Deskrisi Produk
Penjual yang baik, akan memberikan spesifikasi produk jualannya dengan lengkap. Tidak hanya copy-paste mentah-mentah dari situs lain atau web resmi produk tersebut. Seharusnya, penjual memberikan spesifikasi yang memang dibutuhkan oleh pihak pembeli saja atau dengan memberikan keterangan tambahan. 

3. Gambar Produk
Sering kali gambar yang digunakan pun adalah gambar milik orang lain. Bukan hasil jepretan sendiri. Jika demikian, lebih baik andalkan Google images untuk mencari tahu, apakah gambar tersebut buatan sendiri ataukah juga hasil copas.

4. Profil Pengguna 
Yang namanya pedagang, lebih lagi pedagang kawakan, tentu saja profil penjual seharusnya bukan kemaren sore dibuat. Jika ia menawarkan iklan siang ini, namun keterangan profil penjual baru dibuat kemarin atau dua hari sebelumnya, itu pasti modus!

5. Minta Transfer Uang
Ini juga yang patut diwapadai, apalagi urusan transfer uang. Jika tertulis bisa ketemuan / COD (Cash on Delivery) namun penjual mensyaratkan transfer, sudah pasti ada yang tidak beres. Jangan mau! Ada uang ada barang..

6. Menawarkan produk yang sama dibanyak wilayah. 
Penjual besar tidak akan main dalam jumlah kecil-kecil apalagi eceran dengan iming-iming diskon bombastis. Jika demikian, sudah pasti ia adalah calon penipu yang hendak memperluas wilayah dan target korban

7. Profil akan segera dihapus setelah berhasil melakukan penipuan. Yang ini tentu saja, baru akan disadari jika sudah tertipu. Mau konfirmasi, eh akunnya sudah menghilang..

8. Verified Member Tidak Menjamin
Adakalanya, verified member pun itu akal-akalan saja. Tidak menjamin 100% nggak bakal menipu. Nggak ada yang tahu isi hitam kepala orang. Langkah terbaik, lakukan penelusuran di jagad maya. Gunakan kata kunci : "Nama Penjual_Nama Barang_Penipu" atau "Pengalaman Ditipu_Nama Penjual" dan sebagainya

Dengan memahami delapan poin di atas, minimal kita bisa mewaspadai dan menjaga diri dari penipuan. Demikian sedikit tips cara menghindari penipuan di situs jual beli tanpa perantara. Semoga bermanfaat!




Bagikan :
+
Previous
Next Post »
Jadilah Konsumen yang Cerdas
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top