Belanja Bijak. Powered by Blogger.

Tips Transaksi Online Internet Banking

 Tips Aman Transaksi Online Internet Banking

Belanja Online – Penetrasi internet yang semakin massif di tanah air, telah pula mendorong para pelaku bisnis online (ecommerce) semakin giat berpromosi. Dampaknya, konsumen menjadi semakin mudah dalam menemukan barang pilihannya di internet. Tentu dengan varian barang yang menarik dan harga yang lebih murah.

Paltform pembayaran pun semakin beragam, mulai dari transfer manual via ATM, kartu kredit, COD, kartu isi ulang (epay) dan termasuk pula melalui fasilitas internet banking yang kini, setiap bank punya fasilitas tersebut.

Dengan bertransaksi melalui internet banking, maka tentu saja akan memanjakan konsumen. Mereka tidak perlu keluar rumah dan terjebak kemacetan. Tinggal duduk manis di rumah dan barangpun sampai.

Namun demikian, bertansaksi online melalui internet banking bukan berarti tidak punya resiko sama sekali. Aneka tindakan kecurangan akan mengancam para konsumen, baik melalui carding, phising,dan aneka bentuk kejahatan perbankan lainnya.

Untuk itu admin bijak akan memberikan beberapa tips aman bertransaksi Online via Internet Banking. Semoga bermanfaat :

1. Simpan PIN baik-baik. Jaga kerahasiaannya. Jangan pernah diberikan kepada orang lain, apalagi lewat pesan tertulis seperti e-mail, chatting, BBM atau surat. Dan sangat dianjurkan untuk mengubah PIN Anda secara berkala dengan kombinasi yang mudah anda ingat secara pribadi, namun sulit ditebak oleh orang lain.

Tips Aman Transaksi Online Internet Banking

2. Pastikan alamat situs yang akan dikunjungi sudah benar. Beberapa browser menyediakan fasilitas untuk mengingat cookies yang menyimnpan riwayat browsing anda. Namun demikian demi kehati-hatian tetaplah untuk mengecek beberapa kali alamat yang anda ketikkan.

Kecerobohan konsumen dalam mengetikkan alamat situs, sering dimanfaatkan oleh para penjahat saiber untuk mengecoh anda masuk ke situs  palsu. Tentu anda ingat dengan kasus alamat URL : klikbca.com disamarkan menjadi kilkbca.com atau clickbca.com.  

3. Waspadai penawaran online. Jangan langsung percaya dengan penawaran yang masuk ke dalam inbox email anda ataupun broadcast via BBM. Jangan langsung reply pesan yang masuk. Biasanya, pelaku akan meminta informasi sensitive dari kartu kredit anda, kartu debit atau bahkan PIN internet banking anda.

4. Ingat baik-baik nomor Call Center dari Bank anda. Jangan ragu bertanya jika ada kebingungan dalam bertransaksi atau melihat trtansaksi mencurigakan. Sikap serupa juga perlu diambil, jika mendapat penawaran melalui e-mail atau telepon.

5. Hindari mengakses fasilitas internet banking anda di public area yang terbuka dan tidak aman. Seperti taman kota, warnet atau hotspot area lainnya seperti kafe. Aksi yang sering dilakukan para penjahat saiber adalah sniffing. Mereka bisa meretas jaringan yang anda pakai dan melihat data dan informasi yang anda input dalam kegiatan internet banking. 

Saran kami, sebaiknya gunakan perangkat-perangkat komunikasi data pribadi untuk keperluan internet banking seperti handphone, modem ataupun dedicated line.

Tips Aman Transaksi Online Internet Banking

6. Setelah selesai melakukan transaksi, hapus jejak aktivitas transaksi. Terutama yang ada di peramban anda. Seperti misalnya cookies dan history. Manfaatkan menu Tool > Clear private data pada browser yang Anda gunakan.

Demikian, beberapa tips aman bertransaksi online via internet banking semoga kita terhindar dari tindakan penipuan online. Happy Shopping!






Bagikan :
+
Previous
Next Post »
Jadilah Konsumen yang Cerdas
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top